MENHAN TATAP MUKA DENGAN ALUMNI SMU TARUNA NUSANTARA

Sabtu, 18 Juni 2005


Menteri Pertahanan RI Juwono Sudarsono, Selasa (14/6) di Departemen Pertahanan Jl Medan Merdeka Barat 13-14 Jakarta Pusat mengadakan tatap muka dengan 20 orang anggota Ikatan Alumni SMU Taruna Nusantara (Ikastara yang dipimpin oleh Ketuanya Ir. Takwa Fuadi. Ikastara tersebut terdiri dari alumnus angkatan pertama hingga terakhir. Acara tatap muka diisi dengan pengarahan Menteri Pertahanan dan tanya jawab.

Menteri Pertahanan mengatakan, mandat Departemen Pertahanan seperti dalam UU No. 3 Tahun 2002 adalah mengelola Departemen Pertahanan dari segi militer dan non militer. Artinya, Dephan tidak hanya mengurusi TNI baik Angkatan Darat, Laut maupun Udara, tapi juga diberi mandat oleh Undang-Undang untuk memikirkan pertahanan dalam arti luas termasuk pertahanan Sumber Daya Nasional yang terdiri dari Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan Sumber Daya Buatan. Sedangkan Ikastara termasuk didalamnya yaitu bidang knowledge and skill (pengetahuan dan keahlian) yang merupakan brain power (kekuatan otak).

Lebih lanjut Menhan menjelaskan, defence of human resources skill (pertahanan Sumber Daya Manusia), defence of scientific technology (pertahanan teknologi dan ilmu pengetahuan), defence of competitiveness (pertahanan dalam era persaingan bebas), defence of resources/natural and menmade resources (pertahanan Sumber Daya Alam dan Buatan) adalah bagian dari tekad Departemen Pertahanan untuk mengembangkan pertahanan yang tangguh.

Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono dalam tanya jawabnya dengan para alumnus memberikan beberapa kesimpulan, diantaranya; harus ada rekonstruksi manajemen pengelolaan SMU Taman Taruna Nusantara dan menyesuaikan dengan perkembangan politik, ekonomi dan budaya. Selanjutnya secara terukur menyusun kembali kemampuan Dephan. Untuk memberikan sumbang subsidi berdasarkan anggaran Dephan untuk memenuhi target agar subsidi dapat membantu sebanyak mungkin calon siswa dari kalangan yang kurang mampu, serta mengelola sumbangan pendidikan dari orang tua yang mampu sehingga ikut mendampingi subsidi dari Dephan.

“Departemen Pertahanan juga akan berusaha menghubungi lembaga-lembaga asing yang berminat membantu terutama dalam memberikan bea siswa untuk pendidikan pasca sarjana bagi para lulusan SMU Taman Taruna Nusantara,” ujarnya.

Pada tatap muka tersebut, Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono didampingi Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, Irjen Dephan Purwadi S.IP, Dirjen Pothan Dephan Laksda TNI Ir. Darmawan, Karo Humas Setjen Dephan Marsma TNI Abdul Azis Manaf SE, Karo TU Setjen Dephan Brigjen TNI Basrowi Chozin SH, dan Staf khusus bidang Ekonomi Adnan Ganto. Acara tatap muka tersebut juga dihadiri Ketua Yayasan Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara Bahrur Ulum dan Ketua Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman Bambang Murgiyanto M.Sc.


Demikian siaran berita Biro Hubungan Masyarakat Setjen Dephan RI.
Bagikan →

Tinggalkan Balasan