"OLIMPIADE" di SMA Taruna Nusantara

http://hai-online.com

banyak perlombaan gokil

Ada yang seru di Sekolah Taruna Nusantara. Saban bulan Agustus, pasti dipenuhi sama lomba-lomba. Tapi "Olimpiade TN" ini jelas beda dari Olimpiade Athena yang baru selesai akhir bulan lalu.

Hawa dingin pagi kota Magelang emang asik buat disambut dengan rasa malas. Tarik selimut sambil meluk guling terasa nikmat sampai terbuai mimpi. Sayang, di Sekolah Taruna Nusantara (TN), rasa malas nggak pernah diundang datang ke kamar.

Yang ada mereka harus bangun tepat waktu setiap hari jam 5 oleh jeritan peluit yang ditiup oleh pamong (sebutan guru di TN). Aduh, kebayang males bergerak tuh!

Setiap pagi, semua pasti ngerasa males. Apalagi yang tinggal di kawasan dataran tinggi. Tapi buat anak TN, ada satu bulan dimana mereka semua nggak sabar menanti datangnya pagi. Apa lagi kalo di bulan Agustus. Di bulan kemerdekaan negeri kita tercinta ini, mereka semua semangat ngadain berbagai kegiatan yang bikin keringetan. Apaan aja sih?

TABRAK BOLA!

Upacara pembukaan kegiatan ini biasanya digelar tanggal 12 Agustus. Selesai upacara, langsung digelar banyak perlombaan yang kocak dan konyol. Misalnya aja, ada Tari Bola yang jauh banget sama kenyataannya. Soalnya bukan nari pake bola, melainkan ada beberapa kelompok berisi 3 orang yang saling berpelukan dan membawa bola di tengah badan mereka alias dengan perut!

Yang seru lagi, kelompok yang satu bisa nyerang kelompok yang lain juga. Jadi saling jatuh-jatuhin deh! Wah, kalo gini sih namanya bukan tari bola, tapi tabrak bola tuh!

Selain itu, pertandingan yang udah jadi acara wajib 17-an kayak tarik tambang dan, ada juga di "olimpiade" TN. Tapi, bukan anak TN namanya kalo nggak jago nge-modif perlombaan. Lomba balap karung yang biasanya tinggal masukin kaki ke karung terus lompat-lompat, buat anak TN udah jadi lomba "merayap pake karung"!

Lho?

Iya. Karena sebenernya lomba ini adalah lomba meloloskan diri sambil merayap. Biar susah, kaki para peserta di masukin karung. Yang ada banyakan merayapnya, daripada meloloskan diri!

Trus di TN, banyak lomba-lomba yang udah berubah namanya atau sengaja dibikin beda dengan kenyataannya (contohnya, kayak tari bola tadi). Coba liat ulah anak TN ngerubah nama perlombaan dengan nama-nama kocak. Lomba panjat pinang mereka namain lomba membersihkan oli, trus ada lomba voli buta dan terakhir rias buta. Busyet!

Dari semuanya yang disebutkan tadi, panjat pinang selalu mendatangkan jumlah penonton yang terbesar. Biasanya final panjat pinang digelar sehari sebelum hari kemerdekaan. Malamnya anak kelas 1 sampai 3 sibuk begadang menghias graha yang bakal dipake perenungan.

Tapi ada satu lomba yang nggak bakal ditemuin di sekolah manapun. Yaitu lintas TN. Acara lari keliling lingkungan sekolah ini, udah kayak acara marathon di Olimpiade Athena. Selain jadi acara yang ditunggu (setelah panjat pinang tentunya!), Lintas TN ini juga selalu rame diikuti peserta dari kelas 1 sampai 3. Baik cowok maupun cewek. Wuaah pokoknya ruame banget deh!

TN IDOL

Graha Pertemuan yang malam sebelumnya udah dihias, jadi tempat betemunya para pengajar dan murid. Bisa dibilang, malam Hari Kemerdekaan adalah malam sakral dimana para murid berkumpul bersama Kepala Sekolah untuk mencoba memahami kondisi negara saat ini. Suasana khidmat dan khusyuk menghiasi suasana H-1 Kemerdekaan RI.

Setelah itu ada makan malam. Pastinya anak TN girang dengan acara ini. Tapi bukan hanya karena menunya enak, melainkan di hari itu untuk pertama kalinya para murid makan pake piring! Hehehe maklumlah, biasanya mereka makan pake ompreng (wadah makan bersekat yang terbuat dari alumunium).

Pas hari H, barulah semuanya serba meriah seperti perayaan Kemerdekaan di Istana Negara. Ada marching band dan defilenya jack! Sekolah TN udah kayak ada kompetisi drum band deh!

Nah, malamnya adalah puncak dari segala acara di bulan Agustus. Kalo di Jakarta ada pensi, di TN namanya TN Idol. Tapi bukan ngejiplak Indonesian Idol ye…acara ini lain banget sama acara Delon cs. Disini tempatnya segala macem kreatifitas bertemu. Ada drama musikal, band, kolaborasi, acoustic performance dan karawitan.

Pokoknya lengkap banget deh! Hmm….bisa nggak ya bikin kayak gini tiap 6 bulan sekali? Abis seru banget. Go TN!
Yorgi Yusman.

Bagikan →

Tinggalkan Balasan