Siswa SMA TN dapat Silver di Programming Competition Session

Diserang Programmer Muda

‘Programming Competition Session’ Dapatkan Jawara
Oktoria Yulius Darmawan – detikInet

 
Yogyakarta, Akhirnya setelah bertempur dalam persaingan kompetisi programming nasional antar SMU yang diadakan di laboratorium komputasi Universitas Gadjah Mada (UGM), akhirnya tersaringlah sang jawara.


 

Suasana kompetisi (oyd/detikinet)
Dari 32 peserta pada proses penyaringan awal, berubah menjadi 20 tim terbaik ditambah dua pemenang tahun lalu, yang mendapat hak untuk langsung maju ke babak final tanpa perlu mengikuti proses penyaringan. Dua pemenang tahun lalu yang kembali mengikuti kejuaraan ini adalah SMA Sang Timur Jakarta dan SMU 3 Yogyakarta.
 
Sebenarnya ada tiga tim yang menjadi pemenang tahun lalu, sayangnya SMU 1 Magelang tidak menghadiri kompetisi yang diselenggarakan tahun ini.

Lalu siapa pemenang kejuaraan nasional Programming Competition Session yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Komputer (Himakom) UGM ini?

Dari 22 tim yang mendapat kesempatan untuk bersaing memenangkan kompetisi tersebut, tersaringlah 4 tim, yaitu 2 dari tim Gold dan 2 dari tim Silver.

Juara pertama dari peserta Gold adalah Microbrain yang berasal dari BPK Penabur Bandung, sedangkan posisi kedua ditempati oleh 1-XAV-1 dari SMU Xaverius 1.

Sedangkan untuk peserta Silver, juara pertama ditempati oleh kepik_sakti yang berasal dari SMU 3 Yogyakarta. Urutan kedua ditempati oleh TNCC1

Penghargaan Khusus

Tentu saja para pemenang ini tidak begitu saja ditinggalkan. Setelah memenangkan kompetisi tersebut, para pemenang ini akan mendapatkan uang binaan dari Ilmu Komputer UGM serta perusahaan binaan mereka. Selain itu para jawara ini akan mendapatkan nilai tambah tersendiri bila mengikuti ujian masuk Ilmu Komputer UGM.

Ketika ditanya tentang adanya pendapat yang mengatakan terjadi penurunan kualitas dalam ilmu komputer, Nur Rokhman, Ketua Jurusan Ilmu Komputer UGM menampik hal tersebut.

"Untuk Ilmu Komputer UGM sendiri, animo pelajar untuk menjadi bagian masyarakat Ilmu Komputer UGM, justru semakin meningkat. Hal ini seiring meningkatnya kualitas dalam Ilmu Komputer UGM seperti penyediaan Lab Sistem Cerdas, Sistem Komunikasi dan Data, Lab Multimedia dan lain sebagainya." demikian imbuhnya seperti dijelaskan kepada detikINET.

Seminar Nasional

Selain mengadakan kompetisi pemrograman, acara Jogja Information Technology Session (Joints) 2006 yang bekerjasama dengan media TI online detikINET, juga mengadakan seminar Nasional bertajuk IT Career "Lead You to the Future" yang akan diadakan pada 27 Mei mendatang di University Centre (UC) UGM.

Mereka juga mengadakan Workshop Hacking dengan tema "Hacking, Apa dan Bagaimana (Hacking in Practice)" yang akan diadakan pada 28 Mei di Student Internet Centre Ilmu Komputer UGM.

Keterangan lebih lengkap ada di situs Joints2006.

 
==============================================================
 

Silver

Peringkat Nama team
11 TNCC2
12 TNCC1
13 kepik_sakti
14 Bujung
15 cyber crime1
16 cyber crime2
17 sunrise
18 cyber crime3
19 TIM1SMAK1
20 sunset
  SMU 3 Yogyakarta (Juara bertahan)
  SMU 1 Magelang (Juara bertahan)

 

Bagikan →

Tinggalkan Balasan