Idul Adha 1432 H/ 2011 M di Kampus SMA TN

Tuluskan pengorbanan dan berbagi untuk sesama

Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan Idul Adha 1432 H/ 2011 M dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama, toleransi antar umat beragama dan melatih kepemimpinan siswa. Ada 3 acara yang dilaksanakan yaitu : pengajian dan takbiran (5 November 2011), shalat Id dan penyembelihan hewan qurban (6 November 2011).

 

Pengajian dan takbiran diawali dengan shalat Isya’ berjamaah, dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan al-Quran, laporan ketua panitia, sambutan kepala sekolah, tausiyah, doa dan penutup. Dalam tausiyahnya, pembicara Bp. Wahyono, S.Ag menekankan pentingnya menghayati makna qurban untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Juga menjadikan diri kita menjadi manusia yang cerdas dalam memaknai hidup dalam menjalankan perintah Allah SWT, sehingga potensi akal manusia dapat dimaksimalkan untuk meraih sesuatu yang lebih baik.

Pada pagi hari Ahad 6 November 2011 kaum muslimin keluarga besar SMA TN melaksanakan shalat Idul Adha di pelataran Balairung Pancasila. Bertindak selaku khatib dan imam Drs. H. Hajudin Alwi, M.Pd. Dalam khatbahnya beliau mengingatkan agar kaum muslimin dapat memenuhi panggilan Allah SWT yaitu berhaji ke baitullah, karena ibadah ini erat hubungannya dengan qurban. Dengan tema yang beliau angkat yaitu “Bekal Takwa” menggugah semangat kita untuk menyiapkan bekal takwa dalam menjalani kehidupan, untuk meraih bahagia dunia akhirat.

Setelah shalat Id dilanjutkan pemotongan hewan qurban di lapangan parkir timur. Hewan qurban yang terkumpul yaitu sapi 12 ekor dan kambing 80 ekor. Hewan dan daging qurban didistribusikan ke masjid sekitar SMA TN, lokasi latihan dan LKPL, masjid, masyarakat, pondok pesantren, panti asuhan dan instansi pendidikan di wilayah kabupaten dan kota Magelang, serta intern. Semoga amal shaleh dan qurban bapak ibu sekalian mendapatkan Ridha Allah SWT. Amiin. (Agus Budi)