196 Total Views

Pagelaran Wayang Kulit

LAKON: SEMAR MANEGES
DALANG: KI JATI KUSUMO
Sabtu, 25 Februari 2012 Pk. 19.00-selesai

SMA Taruna Nusantara (SMA TN) dibangun dalam rangka menyiapkan kader pembangunan bangsa yang berkualitas yang dilandasi oleh wawasan kebangsaan, kejuangan, dan kebudayaan. Dalam konteks wawasan kebudayaan inilah SMA TN terus berupaya menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap berbagai bentuk warisan budaya bangsa Indonesia, salah satu di antaranya adalah wayang kulit.

Pergelaran wayang kulit sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia (World Heritage). Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, pergelaran wayang kulit sarat dengan ajaran nilai “adiluhung”, filosofi kehidupan yang tinggi, tata krama dan tata susila yang luhur, yang kesemuanya bermanfaat bagi kehidupan dan pantas diteladani terutama oleh generasi muda.

Namun demikian, harus diakui bahwa apresiasi terhadap wayang kulit oleh generasi muda masih belum membanggakan. Oleh karena itu, pada tanggal 25 Februari 2012, SMA TN akan menyelenggarakan pergelaran wayang kulit yang mengambil lakon “Semar Maneges”.

Lakon “Semar Maneges” sendiri memiliki beberapa makna simbolis. Yang pertama, tokoh Semar adalah gambaran sosok “Pamong” bagi para ksatria berbudi luhur (para Pandawa). Yang kedua, Semar sebagai sosok “Wong Cilik” sesungguhnya adalah penjelmaan Dewa yang bijaksana, penasihat dan pendidik yang berhati mulia, rame ing gawe, sepi ing pamrih. Karakter Semar ini mencerminkan kepribadian pemimpin yang dekat dengan rakyat dan mampu mendengarkan suara rakyat sebagai manifestasi “suara Tuhan”.

Mengambil hikmah dari sosok Semar, para alumni SMA TN yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara diharapkan dapat menjadi ksatria yang berbudi luhur dan pemimpin bangsa yang selalu berorientasi pada kesejahteraan rakyat kecil. Semoga di tangan para alumni, Indonesia dapat menjadi negara yang maju, sejajar dan dihormati oleh bangsa-bangsa lain.

(Ketua panitia: Drs. Usdiyanto, M.Hum.)

2 thoughts on “Pagelaran Wayang Kulit

  1. Semoga pagelaran wayang kulitnya sukses…Aamiin YRA
    (Prati, ibunya Bimo Purwoko TN-20)