Olimpiade Akuntansi dan Ekonomi Universitas Sanata Dharma : “SMA Taruna Nusantara Patahkan Dominasi Juara”

Program Studi Pendidikan Akuntansi (Prodi PAk) dan Pendidikan Ekonomi (Prodi PE), Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (JPIPS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unversitas Sanata Dharma (USD), pada hari Sabtu 7 Februari 2015 menyelenggarakan Olimpiade Akuntansi & Ekonomi antar siswa SMA se-DIY dan Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Prodi yang melibatkan siswa-siswi sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan olimpiade pada tahun ini merupakan kegiatan yang kesepuluh kalinya yang diselenggarakan oleh Prodi PAk dan PE.

Seperti yang diungkapkan oleh Bapak L. Saptono, M.Si sebagai pendamping pelaksana dan Ketua Prodi PAk bahwa pelaksanaan kegiatan ini berangkat dari temuan fakta-fakta empiris yang ditemukan dalam pembelajaran akuntansi-ekonomi di SMA di mana sering tidak menarik minat para siswa. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih cenderung mengandalkan keaktifan guru di kelas dan materi yang disampaikan cenderung tidak membumi sehingga pembelajaran sering diidentikkan dengan hafalan teori. Muara dari berbagai hal tersebut adalah siswa menjadi kurang memiliki bekal yang cukup baik untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi, memiliki kecakapan hidup, siap mendalami ilmu ekonomi pada jenjang yang lebih tinggi, dan kurang menjadikan hasil pembelajaran dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Oleh sebab itu, kegiatan ini secara umum memang bertujuan “to prepare students to be well functioning citizens in democratic society”.

Di samping hal di atas, kegiatan Olimpiade Akuntansi & Ekonomi pada tahun 2015 dirancang untuk mendorong siswa-siswi SMA untuk lebih tertarik belajar di bidang akuntansi dan ekonomi, berkompetisi akademik di bidang akuntansi dan ekonomi secara sehat dengan siswa dari sekolah lain, memotivasi siswa untuk belajar ekonomi dari berbagai literatur asing untuk menambah wawasannya, mengenalkan beberapa keterampilan yang diharapkan dikuasai siswa sebagai pembelajar ekonomi di tingkat sekolah menengah atas. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan olimpiade pada tahun 2015 ini, yaitu: “Belajar Akuntansi dan Ekonomi yang funny (menyenangkan), creative (kreatif), dan competitive (kompetitif)”.

Ragam lomba dalam kegiatan olimpiade adalah: (1) pengetahuan umum dan kompetensi bidang studi akuntansi dan ekonomi. Bagian ini menekankan pada pengetahuan umum dan kompetensi siswa tentang berbagai istilah dan kejadian ekonomi dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi; (2) problem solving. Bagian ini menekankan pada keterampilan siswa dalam memecahkan persoalan akuntansi dan ekonomi; (3) akuntansi dan ekonomi dalam bahasa Inggris. Bagian ini menekankan pada pengetahuan siswa atas berbagai informasi dan peristiwa dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi yang disajikan dalam bahasa Inggris. Olimpiade terbagi atas dua babak yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Pada Babak Penyisihan, materi yang diujikan mencakup poin 1-3 dalam bentuk tes tertulis. Sedangkan pada Babak Final, untuk ragam ujian diselenggarakan dalam 3 (tiga) sesi lomba.

Kegiatan olimpiade dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 54 tim yang berasal dari 28 sekolah. Jumlah guru pendamping siswa sebanyak 37 orang. Kegiatan sendiri mengambil beberapa tempat di lingkungan Universitas Sanata Dharma (baik di Kampus I maupun II USD). Tahun 2015 ini keluar sebagai Juara I adalah SMA Taruna Nusantara (Fadhil Nadhif Muharam, Godfried Junio Sebastian Matahelemual, Sultan Zein Malian). Mereka berhak membawa pulang Piala Bergilir Sri Sultan HB X + Piala Tetap Dinas Pendidikan Propinsi DIY + Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,00; Juara II adalah SMA N 1 Wonosari Tim B (Rifka Khairunnissa, Anggit Budi Pawestri, Ihsan Nur Alimah) dan berhak membawa pulang Piala Bupati Sleman + Uang Pembinaan Rp. 1.500.000,00; Juara III adalah SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta (Jeky Muhammad Fauzi, Bagus Bachtiar, Clint Gunawijaya) dan berhak membawa pulang Piala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman + Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00; Juara Harapan I adalah SMA N 2 Yogyakarta Tim A dan berhak atas Piala Rektor Universitas Sanata Dharma + Uang Pembinaan Rp. 600.000,00; dan Juara Harapan II adalah SMA N 8 Yogyakarta Tim C dan berhak atas Piala Dekan FKIP USD + Uang Pembinaan Rp. 400.000,00. (FXAP)

https://www.usd.ac.id/deskripsi.php?idt=usd_berita&noid=1966
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pembelajaran-ekonomi-perlu-menyenangkan/

Bagikan →

Tinggalkan Balasan