AKBP Yimmy Kurniawan (TN 5) jabat Kapolres Salatiga, Jawa Tengah

Disambut Pedang Pora, Kota Salatiga Punya Kapolres Baru yaitu AKBP Yimmy Kurniawan

Disambut Pedang Pora, Kota Salatiga Punya Kapolres Baru yaitu AKBP Yimmy Kurniawan
Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan melewati barisan pedang pora para perwira di Lingkungan Mapolres Salatiga untuk menyambutnya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari AKBP Happy Perdana Yudianto kepada AKBP Yimmy Kurniawan, Kamis (5/10/2017) siang.

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Kamis (5/10/2017) siang, setibanya Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan di gerbang Mapolres Salatiga, disambut jajaran perwira beserta anggota kepolisian di Lingkungan Mapolres Salatiga.

Siang itu pucuk pimpinan tertinggi di Mapolres Salatiga berganti.

Adapun serah terima jabatan sudah dilaksanakan pada 2 Oktober 2017 di Mapolda Jawa Tengah.

AKBP Yimmy Kurniawan menggantikan AKBP Happy Perdana Yudianto.

AKBP Happy Perdana Yudianto memperoleh tugas baru di Biro Sarana Prasarana (Sapras) Polda Jateng.

Sedangkan AKBP Yimmy Kurniawan yang sebelumnya sebagai Kaoorspripim Polda Jateng, ditugaskan sebagai Kapolres Salatiga.

Tradisi penyambutan pejabat baru diawali pengalungan bunga dan buket kepada AKBP Yimmy beserta istri.

Pengalungan bunga dilakukan dua siswa TK Kemala Bhayangkara didampingi Wakapolres Salatiga Kompol Dyah Wuryaning Hapsari.

Setelah itu, pejabat baru (Kapolres Salatiga AKBP Yimmy) beserta istri memasuki gerbang pora para perwira di Lingkungan Mapolres Salatiga menuju gedung utama, ruang kerja Kapolres.

Setibanya di sana, AKBP Yimmy Kurniawan disambut AKBP Happy Perdana Yudianto.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan beserta istri melewati barisan para perwira dan anggota di Lingkungan Mapolres Salatiga untuk menyambutnya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari AKBP Happy Perdana Yudianto kepada AKBP Yimmy Kurniawan, Kamis (5/10/2017) siang.
Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan beserta istri melewati barisan para perwira dan anggota di Lingkungan Mapolres Salatiga untuk menyambutnya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari AKBP Happy Perdana Yudianto kepada AKBP Yimmy Kurniawan, Kamis (5/10/2017) siang. (TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN)

Keduanya lalu masuk ke dalam lingkaran pedang pora di depan gedung utama.

Tradisi berikutnya adalah penyerahan kunci komando dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Setelah itu, mereka bergerak menuju depan ruang kerja Kapolres dan secara simbolis membuka kunci ruang tersebut.

“Itu adalah tradisi setiap ada pergantian di pucuk pimpinan kami. Tadi itu adalah upacara penyambutan. Setelah itu ramah tamah antara pejabat baru dengan para perwira di Mapolres salatiga,” kata Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP I Nyoman Suasma, kepada tribunjateng.com.

Kegiatan itu dilaksanakan pukul 13.30 dan ditutup dengan Upacara Pelepasan Pejabat Lama AKBP Happy Perdana Yudianto.

Dalam upacara itu secara umum rangkaiannya sama seperti saat menyambut pejabat baru.

“Meskipun sederhana, tetapi semoga penuh makna. Nanti malam sekitar pukul 19.00, dilaksanakan Kenal Pamit Kapolres Salatiga dari AKBP Happy Perdana Yudianto kepada AKBP Yimmy Kurniawan di Ruang Kaloka Lantai IV Gedung Setda Jalan Letjend Sukowati Nomor 51 Kota Salatiga,” paparnya.

Mantan Kapolres

Mantan Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto meyakini apabila penggantinya tak akan butuh waktu lama dalam beradaptasi.

Sebab, yang bersangkutan sudah cukup banyak kenal dan dekat dengan para perwira atau pejabat di Mapolres Salatiga.

Pesta demokrasi itu bakal diikuti seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tidak lagi di beberapa daerah.

Ditambah, Mapolres Salatiga dari sisi jumlah personil terbatas.

Sehingga yang ada harus semakin dioptimalkan.

“Terakhir, kami terima kasih kepada seluruh pihak yang telah kompak dan mendukung di setiap kinerja Polri selama kepemimpinan sejak 16 September 2016 lalu hingga 2 Oktober 2017. Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan maupun kekurangan,” ujarnya. (*)

Sehingga ketika berkoordinasi maupun berkomunikasi tak ada hambatan.

“Bahkan seusai serah terima jabatan (Sertijab), Kapolres sudah action. Ini sebuah tanda positif di internal. Termasuk juga dengan beberapa pihak eksternal. Satu persatu didatangi untuk beradaptasi, berkomunikasi, maupun berkoordinasi ke depannya,” kata AKBP Happy yang kini memperoleh amanah di Biro Sarana Prasarana (Sarpras) Polda Jateng.

Ia mengatakan itu kepada Tribunjateng.com, di sela-sela Sambut dan Lepas Kapolres Salatiga di Mapolres Salatiga.

Pejabat Lama (mantan Kapolres Salatiga) AKBP Happy Perdana Yudianto beserta istri dilepas seluruh perwira dan anggota saat berjalan menuju ke Gerbang Utama Mapolres Salatiga dalam Upacara Pelepasan Pejabat Lama Lingkungan Mapolres Salatiga, Kamis (5/10/2017) sore di Halaman Mapolres Salatiga
Pejabat Lama (mantan Kapolres Salatiga) AKBP Happy Perdana Yudianto beserta istri dilepas seluruh perwira dan anggota saat berjalan menuju ke Gerbang Utama Mapolres Salatiga dalam Upacara Pelepasan Pejabat Lama Lingkungan Mapolres Salatiga, Kamis (5/10/2017) sore di Halaman Mapolres Salatiga (TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN)

Ia pun menitip pesan kepada AKBP Yimmy bersiap menyambut pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng.

“Sebentar lagi kan ada Pilgub Jateng. Sekarang sudah mulai tahapan. Dan dalam hal pengaman atau keamanan itu yang mungkin perlu menjadi skala prioritas kepada Kapolres Salatiga. Jika Pilkada Serentak 2017, pengamanannya bisa meminta bantuan dari tetangga. Tahun depan akan kesulitan,” ujarnya.

TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN
Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan
http://jateng.tribunnews.com/

Bagikan →

Tinggalkan Balasan