Jokowi ke Siswa SMA Taruna Nusantara: Harus Tahan Banting!

Jokowi ke Siswa SMA Taruna Nusantara: Harus Tahan Banting!
Presiden Jokowi memberi arahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara (Andika/detikcom)

Jakarta – PresidenJoko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada siswa SMA Taruna Nusantara untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin di masa depan. Jokowi meminta siswa SMA Taruna Nusantara menjadi generasi tahan banting.

“Sebagai generasi yang nantinya mimpin negeri ini, yang hadir di sini harus tahan banting, tahan ujian, nggak cengeng dan nggak manja, apalagi bermalas-malasan, lupakan itu. Kita harus kerja keras dan usaha keras dengan ikhtiar keras,” ujar Jokowi dalam pidatonya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Jokowi ke Siswa SMA Taruna Nusantara: Harus Tahan Banting!

Jokowi memiliki alasan tersendiri menyampaikan hal tersebut. Salah satunya karena Indonesia akan menghadapi revolusi industri 4.0.

“Sekarang juga ada revolusi industri 4.0 yang menurut risetnya McKinsey disampaikan revolusi industri 4.0 dampaknya 300 kali lipat dari pada revolusi industri Abad 19,” tutur Jokowi.

Jokowi memberikan contoh perkembangan dari revolusi industri seperti robot yang digunakan untuk membersihkan Bandara Changi Singapura hingga Dubai yang akan membuat bangunan dengan teknologi 3D printing. Oleh sebab itu, ia berpesan kepada siswa SMA Taruna Nusantara untuk mempersiapkan diri menghadapi hal tersebut.

“Kita nggak perlu takut, siapkan diri, belajar agar kita ambil peluang dari revolusi industri 4.0. Saya beri contoh misalnya, sekarang mulai, saya yang dekat saja, di Changi Airport Singapura sekarang nyapu pakai robot. Di Dubai untuk bangunan akan pakai 3D printing. Di rumah bisa satu hari selesai, biaya lebih murah. Beberapa hotel eksperimen di Singapura, pakai jasa robot untuk mengantar makanan,” paparnya.

(dkp/dnu) https://news.detik.com/

Berita terkait :
https://news.detik.com/…/jokowi-beri-arahan-ke-siswa-taruna…
https://news.detik.com/…/jokowi-pamer-pencapaian-infrastruk…

Bagikan →