Pesan Bapak Try Sutrisno



PANGLIMA ANGKATAN BERSENJATA REPUBLIK INDONESIA

PESAN-PESAN
JENDERAL TNI TRY SUTRISNO – PANGLIMA ABRI
UNTUK PARA SISWA SMA TARUNA NUSANTARA

Anak-anakku harapan bangsa yang saya banggakan,

Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dan bangsa pejuang. Seorang pejuang sejati akan senantiasa memegang teguh landasan fundamental perjuangan bangsanya, serta konsisten terhadap upaya pencapaian cita-cita nasionalnya, sehingga tidak akan mudah terombang-ambing oleh perubahan dan perkembangan zaman, yang bergerak bagaimanapun cepat dan dahsyatnya.

Ciri yang harus dimiliki oleh seorang pejuang adalah memiliki sikap dan sifat: rasa cinta tanah air dan bangsa, kerelaan berkorban, semangat pengabdian, kerja keras, ketekunan, keuletan, pantang menyerah, keberanian menghadapi tantangan, kejujuran, kearifan, kebersamaan, kekeluargaan, kesetiakawanan, rasa tanggungg jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negaranya, serta senantiasa mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau kelompoknya.

Sebagai bangsa yang besar kita harus berani dan siap serta mampu menghadapi tantangan perjuangan, bagaimanapun berat dan rumitnya. Olieh karena itu, sebagai putra-putra Indonesia terpilih, siapkan dirimu untuk pandai-pandai memanfaatkan setiap waktu dan peluang secara positif dan kreatif, dengan belaiar, berlatih dan bekerja secara tekun dan bersungguh-sungguh, agar menjadi putra bangsa yang berani, siap dan mampu menghadapi semua tantangan perjuangan bangsanya, yang pasti akan terus berkembang semakin meningkat, seiring dengan perputaran waktu yang terus bergerak maju, dan tidak akan pemah kembali.

Landasan fundamental perjuangan bangsa Indonesia yang harus senantiasa dipegang teguh, dihayati, ditumbuhkembangkan, divitalisasikan dan diaktualisasikan penerapan dan pengamalannya, dalam semua sisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, adalah Pancasila dan UUD 1945.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa berkenan memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya serta meridhoi setiap langkah perjuangan dan pengabdian kita.

Magelang, 20 Mei 1992
Panglima Angkatan Bersenjata

 

TRY SUTRISNO
JENDERAL TNI

 

  1 comment for “Pesan Bapak Try Sutrisno

  1. Anonymous
    14 February 2012 at 18:43

    aqw akan berusaha semampuku sekuat tenaga demi meraih cita2 ku setingg langit……….!!!!

Leave a Reply