Pamong

“Pamong” itu adalah sebutan guru dari kalangan Taman Siswa yang artinya selain sebagai guru yang tugasnya melakukan Transfer knowledge, tugas utamanya adalah mendidik, mengasuh, membentuk karakter dengan metode, asah, asih, asuh dan sistem among yang bertugas sebagai orang tua yang “momong” (pamomong) siswa asuhannya, maka disebutlah sebagai pamong.

Selanjutnya mengapa lembaganya menggunakan kata “Taman” (Taman Taruna Nusantara). Ini juga hasil adopsi dari Taman Siswa. Maksudnya agar lembaga pendidikan SMA Taruna Nusantara tidak menjadi “ksatrian” yang mendidik peserta didiknya dalam suasana tanpa cara kekerasan, tetapi lebih mengedepankan metode among, asih, asah asuh dalam “taman” yang penuh suasana keindahan dalam keberagaman dimana tercipta suasana damai, aman, sejuk, nyaman, menyenangkan untuk proses pendidikan, pengasuhan dan pelatihan.

Orang dewasa SELAIN siswa (sebagai peserta didik) di SMA TN (sebagai sekolah berasrama) disebut PAMONG, karena selain sebagai guru dan pendidik juga berperan sebagai pengasuh bagi siswa yg sedang berkembang di lingkungan perguruan TN.

Bagikan →

Tinggalkan Balasan