P A T A K A

PASUKAN PEMBAWA LAMBANG SMU TARUNA NUSANTARA – SATYA PATAKA WIRANEGARA

PATAKA merupakan salah satu peleton khusus di SMA TN yang bertugas sebagai pembawa Lambang SMA TN Satya Pataka Wira Negara. Nama PATAKA diambil dari nama Lambang SMA Taruna Nusantara.Peleton ini sudah ada sejak angkatan pertama. Peleton ini terdiri dari 11 orang setiap angkatannya. Pemilihan anggota PATAKA melalui beberapa tahap seleksi. Seleksi pertama adalah seleksi Administrasi meliputi persyaratan. Seleksi kedua adalah psikotes. Seleksi ketiga adalah Mental Kejuangan dimana seleksi ini memiliki nilai yang sangat menentukan lulus/tidaknya karena melalui MK dapat dilihat kondisi fisik dari seseorang. Seleksi keempat adalah wawancara siswa yang dilanjutkan dengan wawancara pamong.

Salah satu hal yang khas dari Peleton ini adalah mempunyai baju yang khusus yang berbeda dengan peleton – peleton lainnya ( TONPARA, PKS) yaitu baju yang berwarna putih – putih dan berbaret. Mulai angkatan X PATAKA meggunakan dua baju yang berbeda yaitu Pakaian Pesiar dan baju putih – putih. Sewaktu memakai baju pesiar dilengkapai dengan Tali Koor berwarna merah – hitam merah dan menggunakan lencana. Sewaktu memakai baju Utama (putih-putih) hanya menggunakan Lencana.

PATAKA dalam 1 tahun mempunyai 3 tugas utama dalam event besar: Prasetia Alumni, Pembukaan PDK, Penutupan PDK. Selain itu PATAKA juga mempunyai tugas diluar event tersebut yaitu: Kampanye dialogi OSIS, dan Malam Renungan Proklamasi Kemerdekaan.

Meskipun demikian antara PATAKA, TONPARA, dan PKS sebagai peleton khusus tetap menjalankan tugasnya sebagai siswa dan tetap bekerja sama dalam melaksanakan tugasnya.


Anggota PATAKA >>

Leave a Reply