Peleton

Selain ekstrakurikuler umum, terdapat juga peleton yang merupakan perwujudan latihan kepemimpinan dalam organisasi. Terdapat 3 peleton di SMA Taruna Nusantara

Tonpara

Peleton Upacara (TONPARA) merupakan peleton yang pertama kali berdiri di SMA Taruna Nusantara. Awalnya bernama Peleton Inti (Tonti). Terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan. Mulai angkatan 19, bertambah menjadi 31 siswa, yang terdiri dari 21 siswa putra dan 10 siswa putri. Dan mulai angkatan 24 bertambah menjadi 34 siswa, yang terdiri dari 24 siswa putra dan 10 siswi putri. Peleton ini mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (upacara bendera hari Senin), upacara khusus (peringatan hari besar atau upacara tradisi), serta Pelatihan Baris Berbaris (PBB) siswa. TONPARA juga sering mengharumkan nama Almamater SMA Taruna Nusantara dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.

Bantara

Ambalan Taruna Nusantara (BANTARA) merupakan anggota pramuka penegak baik bantara maupun laksana yang jumlahnya kurang lebih 30 siswa setiap angkatan, mereka telah melalui seleksi baik teknik kepramukaan hingga tes kepribadian. Peleton ini dipimpin oleh seorang Pradana, setingkat komandan peleton. Tugas utama mereka adalah menjadi pembina kepramukaan bagi siswa kelas X, XI, dan XII. Setiap anggotanya diharuskan memiliki kemampuan kepramukaan yang kuat dan survival di alam. Selain itu Bantara juga tiap tahunnya menjalankan program perkemahan sabtu minggu bagi siswa kelas X, kemudian mereka juga memiliki kegiatan seperti rafting, hiking di Gunung Merapi, susur sungai, susur pantai, dan lain – lain. Hampir setiap tahun peleton Bantara dapat memberikan prestasi juara bagi SMA Taruna Nusantara baik di bidang teknik kepramukaan, PBB, hingga lomba ketangkasan/ ketahanan fisik.

PKS

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas mengendalikan keamanan sekolah dan memeriksa kerapian siswa. Terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angkatan yang terbagi dalam 8 kode. Apel pengecekan pesiar dan apel pengecekan rutin (biasa dilakukan pada hari Selasa) adalah contoh kegiatan rutin PKS. PKS juga bertugas menjaga ketertiban saat ada kunjungan tamu dari luar SMA Taruna Nusantara.

Pataka

Pasukan Tanda Kehormatan (PATAKA) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara, Satya Pataka Wira Negara. Terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan. Lambang SMA Taruna Nusantara (dengan berat tiang 18 kg) dibawa dengan khidmat oleh pasukan khusus ini dalam upacara tradisi SMA Taruna Nusantara, yaitu Upacara Pembukaan Pendidikan, Malam Renungan Enam Belas Agustus, Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK), Kampanye Dialogis OSIS SMA Taruna Nusantara, dan Upacara Prasetya Alumni.

Bagikan →