S I S W A

Filosofi dasar untuk siswa, adalah bahwa siswa diperlakukan tidak hanya sebagai obyek didik tetapi juga sebagai subyek didik. Sebagai kader pembangunan masa depan, siswa dibentuk untuk memiliki kualitas dasar tertentu pada tiga aspek, yaitu aspek akademik intelektual, aspek kepribadian, dan aspek jasmani-kesehatan.

Penatarama 1, Danton Tonpara, Danpok Pataka, Ketua Umum OSIS, Gitapati, Ketua PK, Pradana, Danton PKS, Penatarama 2

Pada aspek akademik intelektual, siswa dibekali prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta pengembangannya, terbentuk pada siswa tentang logika berpikir ilmiah, yaitu sistematis, logis, kritis, analitis, sintetis, dan reflektif, sehingga siswa mampu bersaing keunggulannya dengan siswa sekolah lain. Dalam diri siswa terbentuk kemauan dan kemampuan untuk selalu mencari dan menguasai dasar Iptek serta pengembangannya dari berbagai sumber.

Pada aspek kepribadian, siswa dibentuk kepribadian yang kuat dan mantap, serta memiliki kemandirian dan kedisiplinan yang tinggi. Sebagai individu mampu mengembangkan diri secara normal dan berkualitas, dan sebagai anggota masyarakat adalah kehidupan sosial diri siswa dapat mencapai kehidupan yang normal dan berprestasi tinggi.

Pada aspek jasmani dan kesehatan, siswa dibentuk dengan berbagai kegiatan yang menuju pada pembentukan fisik dan psikis yang sehat dan kuat serta memiliki postur yang ideal.

Secara kebulatan dengan tiga aspek tersebut diharapkan siswa sebagai kader pembangunan bangsa di masa depan yang memiliki kemampuan dan prestasi denag kualitas tinggi, dan dapat mencapai percepatan pembangunan bangsa untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia.

Untuk mencapai tujuan dan harapan tersebut siswa harus memiliki iman takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang kuat, rasa kesatuan dan persatuan kebangsaan yang besar, kerja keras, semangat yang besar, pantang menyerah, rela berkorban, dsb.

Pakaian Sehari-hari :

KiKa : Kaos Olah Raga Oblong , Kaos Olah Raga Ber-krah, Training Lengkap, Batik, Pakaian Dinas Harian (Seragam Sekolah), Pakaian Pesiar, Pramuka, Pakaian Dinas Lapangan, Pakaian Dinas Pesiar Malam

  138 comments for “S I S W A

  1. KUMALA DEWI
    5 November 2013 at 17:16

    kalo giginya bolong sama matanya silinder bisa masuk SMA TN gak ?

  2. 2 November 2013 at 08:02

    tidak dong
    tetap tes

  3. Atar
    1 November 2013 at 14:12

    apakah setelah lulus dari TN dapat langsung masuk universitas negeri tanpa harus tes ?

  4. 25 October 2013 at 18:12

    Maksudnya apa ya?

  5. 30 September 2013 at 10:22

    Tahun lalu, penghasilan ayah + ibu maksimal 3 juta rupiah. Untuk tahun ini belum ditetapkan.

  6. 30 September 2013 at 10:12

    Tahun lalu, penghasilan ayah + ibu maksimal 3 juta rupiah. Untuk tahun ini belum ditetapkan.

  7. 23 September 2013 at 15:13

    15 Ajen Kodam IV / Diponegoro – Jl. P. Kemerdekaan, Watugong, Semarang – 024.7472249
    atau
    16 Ajen Korem 072 / Pamungkas – Jl. Ring Road Barat, Demak Ijo Yogyakarta – 0274.566325

  8. 23 September 2013 at 15:12

    Karena akan mengganggu kegiatan KBM

  9. Khafifah S Lestari
    9 September 2013 at 10:31

    pendaftaran di kabupaten kebumen dimana ya ?

    • 10 September 2013 at 07:32

      bisa di
      Ajen Kodam IV / Diponegoro – Jl. P. Kemerdekaan, Watugong, Semarang – 024.7472249

      atau di
      Ajen Korem 072 / Pamungkas – Jl. Ring Road Barat, Demak Ijo Yogyakarta – 0274.566325

  10. aditya yudha pratama
    1 September 2013 at 20:03

    mau tanya lagi nih
    apa boleh misalkan ndaftar pertama gagal lalu ndaftar lagi boleh??

  11. aditya yudha pratama
    1 September 2013 at 15:19

    apa ada beladiri IKS.PI kera sakti???

  12. aditya yudha pratama
    1 September 2013 at 15:07

    pendaftran di area KEDU (kebumen) di mana ya??

    • 1 September 2013 at 15:32

      Ajen Kodam IV / Diponegoro – Jl. P. Kemerdekaan, Watugong, Semarang – 024.7472249 >> lihat Peta
      atau
      Ajen Korem 072 / Pamungkas – Jl. Ring Road Barat, Demak Ijo Yogyakarta – 0274.566325 >> lihat Peta

  13. aditya yudha pratama
    1 September 2013 at 15:00

    maaf mau tanya
    apa nilai un di utamakan??
    apa bahasa inggris juga di gunakan sehari2 atau di gunakan dalam pelajaran??

  14. muhammad ghifari
    25 August 2013 at 21:03

    pak kalau dari kota pati tahun ajaran 2014/2015 daftarnya dimana ?

    • 26 August 2013 at 07:48

      Ajen Kodam IV / Diponegoro – Jl. P. Kemerdekaan, Watugong, Semarang – 024.7472249 >> lihat Peta

      • muhammad ghifari
        1 September 2013 at 21:59

        apakah di kodim pati tidak ada pendaftaran untuk sma taruna

        • 1 September 2013 at 22:12

          tidak ada

          • muhammad ghifari
            6 September 2013 at 21:28

            untuk tes akademik berapa hari ??

          • 7 September 2013 at 08:40

            1 hari selesai
            dilaksanakan pada hari minggu

          • muhammad ghifari
            8 September 2013 at 06:49

            berarti 4 pelajaran 1 hari??,itu materinya dari smp smua apa ada materi selain dari smp ??

          • 10 September 2013 at 07:33

            betul
            SMP model soal olimpiade

  15. Theo Suardana
    15 August 2013 at 13:30

    pak , mau tanya kalau dari bali daftarnya dimana utk thn ajran 2014/2015 ?
    misalnya kalau ada upacara keagamaan boleh pulang kampung ?

    • 16 August 2013 at 07:13

      – Ajen Kodam IX / Udayana – Jl. Pang. Besar Sudirman, Denpasar – 0361.228007
      – Pulang hanya pas Cuti, siswa Hindu bisa beribadah di Pura dekat AKMIL, diantar pakai Bis

  16. Antares Daffa
    14 August 2013 at 22:03

    pak, mau tanya, dari provinsi banten daftarnya dimana ya?

    • 14 August 2013 at 22:36

      Ajen Kodam Jaya – Jl. Mayjen Sutoyo, Jaktim

      atau

      Ajen Korem 064 / Maulana Yusuf – Jl. Maulana Yusuf No. 9, Serang – 0254.200208

  17. ‏ ‏Maseta Rahma
    11 August 2013 at 19:10

    mau tanya pak, apakah di SMA Taruna ini siswi yang tidak memakai kerudung harus dipotong pendek? dan apakah disini ada ekstrakurikuler tennis lapangan? terimakasih

    • 12 August 2013 at 07:50

      maksudnya rambutnya ya, betul, potong pendek mirip Polwan
      ada ekskul pilihan tenis lapangan

  18. 8 August 2013 at 14:03

    Pendaftaran Beasiswa dan Reguler serentak mulai Februari s.d Maret 2014

    Tempat di sini http://taruna-nusantara-mgl.sch.id/tempat-pendaftaran-calon-siswa/

  19. Jihaad Hammami
    25 March 2013 at 19:33

    pak, pengumuman hasil pendaftarn kapan ya pak?

  20. 18 March 2013 at 15:37

    pak saya mau tanya, bila penghasilan ortu lebih dari 3.000.000 namun si casis berpotensi berprestasi apakah boleh ikut jalur beasiswa?

  21. 10 March 2013 at 14:47

    pak saya mau tanya kalau keluar dari sma ini apa benar lebih mudah masuk akpol

  22. 9 March 2013 at 18:50

    kalo dari gresik daftarnya dimana pak ?

    • 11 March 2013 at 11:45

      Ajen Kodam V / Brawijaya – Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang – 0341.366159

  23. 7 March 2013 at 17:36

    pak saya mau tanya
    kalau di propinsi lampung daftar nya dimana ya

    • 8 March 2013 at 09:27

      Ajen Korem 043 / Garuda Hitam – Jl. Ir. Sukarno Hatta, Bandar Lampung – 0721.701596

  24. 7 March 2013 at 17:35

    pak saya mau tanya
    kalau di provinsi lampung daftar nya dimana ya

  25. Anonymous
    6 March 2013 at 19:32

    pak saya mau tanya apabila nilai raport saya dari kelas 7-9 nilai matematika saya dapat 79 apakah masih bisa daftar jaliur beasiswa? terima kasih…

    • 7 March 2013 at 08:09

      minimal 8.00
      langsung ke Ajen Kodam V / Brawijaya – Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang – 0341.366159

  26. 26 February 2013 at 15:23

    siang sir, mau tanya pendaftaran di bandar lampung kpn dttp???

  27. Erdinandika
    22 February 2013 at 08:28

    morning sir nilai minimal 77 boleh mendapat beasiswa gak??
    kalau gak bisa, di tolong sama simbahnya saya (jedral tamrin) biar masuk SMA TARUNA, bisa gak?…..
     

  28. Aryana Danastri Natyanindita
    21 February 2013 at 20:25

    sehabis ambil formulir, terakhir mengembalikan formulirnya kapan? 

    test untuk jawa timur dimana?

    • 22 February 2013 at 10:01

      25 Maret 2013
      Ajen Kodam V / Brawijaya – Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang – 0341.366159

  29. amelia
    6 February 2013 at 11:33

    punten, mau tanya..
    bila nilai rata2 mata pelajaran indo ingg matek ipa mencapai 8 tapi nilai salah satu mata pelajaran tersebut ada yang tidak memenuhi nilai minimal 7.5 (misalkan nilai 7.1) apakah masih bisa ikut dalam beasiswa dengan keterangan mampu dari kepala sekolah yang bersangkutan?

    mohon info, thanks..

  30. Ramadhan Yudha Pratama
    5 February 2013 at 14:15

    KALAU DI KEDIRI PENDAFTARANYA DIMANA?

    • 6 February 2013 at 08:46

      Ajen Kodam V / Brawijaya – Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang – 0341.366159

  31. faris hendrawan
    4 February 2013 at 19:24

    kalo di cirebon daftar nya kemana iya ?

  32. Anonymous
    3 February 2013 at 14:21

    bertanya : SMA TN boleh memakai jilbab tidak ?

  33. Vdianapratiwi
    2 February 2013 at 19:54

     kalau pendaftaran casis dari jember dimana ya?

    • 5 February 2013 at 12:32

      Ajen Kodam V / Brawijaya – Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang – 0341.366159

  34. Hannasyakris
    2 February 2013 at 11:15

    mohon bertanya;kalau pendaftaran casis dari Sumatra Utara di mana ya?

  35. Hannasyakris
    2 February 2013 at 11:12

    apakah syarat pendaftaran terbaru TA 2013/2014 sudah keluar?

    mohon balasannya

  36. Ismi
    1 February 2013 at 16:42

    pendaftaran di malang kapan ditutup?

  37. Efa Krisna Dewi
    1 February 2013 at 09:53

    apa boleh nilai rata2 mata pelajaran kurang 7 masih ada kesempatan untuk sekolah di SN atau ada kriteria lain yang bisa menunjangnya

  38. Christinnapoetri
    31 January 2013 at 22:05

    Pendaftaran di provinsi kepri dimana?

    • 2 February 2013 at 07:48

      Ajen Korem 033 / Wira Pratama – Jl. Sei Timun Batu 14, Sanggrang Tj. Pinang – 0771.21856

  39. Dhira
    30 January 2013 at 19:03

    Ijin bertanya
    Pendaftaran SMA TN di mulai tanggal berapa ??

  40. dhira
    30 January 2013 at 18:58

    ijin bertanya
    apakah tanggal 1 februari pendaftaran sudah di buka ?

  41. Worowere
    27 January 2013 at 19:59

    berapa biaya  pengambilan formulir?

  42. Devhialvionithathamaraputrie
    19 January 2013 at 11:03

    .ini mulai seleksi kapan ya….

  43. Devhialvionithathamaraputrie
    19 January 2013 at 11:00

    .bagus,saya suka

  44. ahmad mahmudi
    17 January 2013 at 17:59

    APAKAH LULUSAN SMA TARUNA BISA LANGSUNG MASUK KE AKEDEMI TNI ATAU AKPOL?

  45. Sirajuddin
    11 January 2013 at 09:19

    apakah casis boleh pakai kacamata minus?

  46. Petsociety_player309
    8 January 2013 at 20:20

    mulai pendaftarannya kapan ya?dan kalau mau lihat syaratnya lihat dimana? saya di jakarta. trima kasih

  47. Ismi
    6 January 2013 at 16:17

    kalau pada saat smpnya berkerudung apakah mempengaruhi peluang untuk diterima?

  48. Putri karisoh
    5 January 2013 at 08:48

    pendaftaran di daerah bitung atau manado dimana yah ?

    • 5 January 2013 at 13:41

      Ajen Korem 131 / Santiago – Jl. A. Yani No 19, Sario, Manado – 0431.851450

  49. Aratuvanya
    4 January 2013 at 12:34

    oh iya, apakah ada nomor telefon sekolah yang dapat dihubungi? mohon dijawab ya, terimakasih sekali 🙂 

  50. Aratuvanya
    4 January 2013 at 12:27

    tes masuk di daerah Tangerang Selatan (BSD) dimana ya dan kapan?

  51. Naulienadya
    31 December 2012 at 16:49

    syarat tes kesehatan  di SMA Taruna apa saja ya pak/bu ?
    adakah tes berenang ? ,  harus berprestasi dan berkelakuan baik juga?
    kalau sisiwi adakah yang berkerudung ? dan apakah harus berambut pendek pak/bu ?

    . terimakasih .

    • 2 January 2013 at 09:54

      tidak ada tes renang
      berprestasi + kelakuan baik, tentu saja
      tidak ada yg pakai kerudung, baca FAQ
      putra potong pendek spt tentara
      putri spt polwan

  52. Therencellnadya
    31 December 2012 at 16:21

    apakah ada siswi yang berkerudung ?

  53. ricky aurofi
    30 December 2012 at 14:59

    Pendaftaran di tanjungpinang dimana pak?

    • 2 January 2013 at 10:11

      coba tanya di Ajen Korem 033 / Wira Pratama – Jl. Sei Timun Batu 14, Sanggrang Tj. Pinang – 0771.21856

  54. ismi
    29 December 2012 at 17:21

    terima kasih,apakah ada siswi berkerudung?

  55. ismi
    28 December 2012 at 15:27

    kalo pendaftaran 2013/2014 sudah di buka atau belum? kalau di wilayah malang, bisa mengambil formulir pendaftarannya dimana?

    • 29 December 2012 at 09:56

      Feb – Mar 2013
      Ajen Kodam Brawijaya Malang
      Jl. Belakang Rumkit Saiful Anwar No.1 Malang
      Telp 0341.366159

  56. andy herdira
    22 December 2012 at 15:43

    syarat menjadi siswa baru apa saja ?

  57. Fauny Elf
    17 December 2012 at 17:22

    pak mau tanya , kalau menjadi juara 1 paralel waktu smp selama 5
    semester (d SMP RSBI), dn menjuarai berbagai lomba, tpi utk yg nasional belum (hanya
    sbg peserta OSN dan NSO), dn mnjadi siswa paling banyak berprestasi di
    wilayah kabupaten, apakah mempunyai kesempatanj utk menerima beasiswa di
    SMA TN ?

  58. Fauny Elf
    17 December 2012 at 17:19

    pak mau tanya , kalau menjadi juara 1 paralel waktu smp selama 5 semester, dn menjuarai berbagai lomba, tpi utk yg nasional belum (hanya sbg peserta OSN dan NSO), dn mnjadi siswa paling banyak berprestasi di wilayah kabupaten, apakah mempunyai kesempatanj utk menerima beasiswa di SMA TN ?

  59. faradina selsa putri
    16 December 2012 at 13:24

    aku dari ntb.jatah untuk beasiswa biasanya berapa org.atau di bedakan laki perempuan

  60. Jia_agustus
    8 December 2012 at 15:55

    kalo pendaftaran 2013/2014 sudah di buka atau belum?

  61. Vita
    26 October 2012 at 10:08

    Penatarama kayak majoret di marching band 🙂
    Atau emang iya???

  62. Kejosh
    21 October 2012 at 13:01

    penatarama paling keren di tn

  63. nemo landed
    29 September 2012 at 12:34

    semoga aku masuk sma taruna
     

  64. Ghaibi alimul fatah
    12 September 2012 at 17:24

     assalamu’alaikum, boleh tau info tentang apa kriteria supaya bisa masuk, dankapan pendaftaran untuk tahun ajaran 2013-2014?
    dan soalx sulit apa g ???

  65. santi indri
    11 September 2012 at 13:49

    semoga aqu tahun depan dapat masuk d SMA TN ..

  66. Khiekyrezzha
    18 August 2012 at 01:37

    Semogaaa tahuunn depann aku bisa masuk dSMA TN
    Amieenn Yarobbal’allamien 🙂

  67. Rama
    11 August 2012 at 20:50

    smoga aku bisa masuk ke SMA TN ,,amien

  68. Adioutsidersetya
    4 July 2012 at 19:46

    smoga aq bsa dsma taruna?
     

  69. bakti
    3 July 2012 at 07:14

    bagaimana kami bisa tahu pengumuman hasil wawancara siswa SMA TN angkatan 23 th 2012? apakah orang tua harus ke magelang? kalau iya kapan dan jam berapa? terima kasih

  70. Fredericadinda
    1 July 2012 at 16:48

    Untuk perempuan haruskan berambut pendek?

  71. Lenybrilyan
    21 June 2012 at 19:31

    Untuk permpuan, ditentukan atau tidak tinggi minimal masuk SMA TN?

  72. Bintang
    11 June 2012 at 15:03

    untuk pakaian sehari hari apa ? (pakaian lepas dari kegiatan siswa)  terimakasih infonya

    • 12 June 2012 at 07:22

      selama di dalam lingkungan graha boleh pakaian bebas tapi sopan
      keluar dari graha : pakaian seragam hari itu : OSIS/ Pramuka/ Batik
      berolahraga : pakaian olah raga yang sesuai

  73. Ilhamanugrahprawira
    10 June 2012 at 22:33

    assalamu’alaikum, boleh tau info tentang apa kriteria supaya bisa masuk, dankapan pendaftaran untuk tahun ajaran 2012-2013?

  74. Ayyubie Cantika Yuranda
    24 December 2011 at 11:59

    assalamu’alaikum, boleh tau info tentang apa kriteria supaya bisa masuk, dankapan pendaftaran untuk tahun ajaran 2012-2013?

  75. Litawatys
    24 November 2011 at 21:11

    selamat malam. sy ingin info kriteria apa saja spy bisa msk sma tarunanusantara. tks

Leave a Reply